Cara Root Dan Pasang TWRP Xiaomi Redmi 5A (Riva)



Setelah sukses UBL pastinya langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan adalah memasang TWRP dan sekaligus root smartphone ini. Dengan TWRP telah terinstall tentunya bagi para opreker akan merasa lega karena sudah berada di status aman, karena sudah bisa memulai oprekanya dan apabila mengalami bootloop bisa dengan mudah melakukan restore atau install ulang ROM nya dengan TWRP.
Untuk proses rooting di Redmi 5A sampai saat ini belum ada metode root tanpa PC dan root tanpa UBL yang berhasil, jalan satu-satunya adalah dengan memasang kustom recovery TWRP terlebih dahulu melalui PC dan setelah itu kamu bisa me-root Riva nya dengan file SuperSU atau Magisk.
Jadi untuk mengikuti tutorial root ini kamu harus menyiapkan perangkat komputer atau laptop dengan operasi sistem Windows, untuk step by step nya silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

Perhatian

  1. Tutorial ini hanya untuk Xiaomi Redmi 5A (RIVA)
  2. Pastikan sudah ter-unlock bootloadernya. Yang belum lihat disini Tutorial Unlock Bootloader
  3. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging. Cek aja terlebih dahulu di Setelan– Setelan Tambahan – Opsi Pengembang

Proses Install custom recovery TWRP di Xiaomi Redmi 5A

  1. Unduh terlebih dahulu Official TWRP Redmi 5A
  2. Kemudian Extract file tersebut di perangkat PC/Laptop
  3. Di dalam folder TWRP Redmi 5A ada file bernama noverity.zip, copy file tersebut dan pastekan ke Internal atau Sdcard Redmi 5A kamu
  4. Sekarang masuk ke Fastboot Mode, Dengan cara matikan Redmi 5A kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Bawahbersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode, kemudian hubungkan smartphone kamu ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.


5.  Sekarang double klik file Flash-TWRP.bat yang ada di folder TWRP Redmi 5A



6. Nanti setelah muncul tulisan “press any key to continue” kamu klik ENTER (atau tombol apa saja yang ada di keyboard)


7. Proses instalasi di mulai, otomatis setelah terinstall akan langsung masuk ke TWRP


8. Setelah berada di TWRP kamu wajib install file noverity.zip ini sebab kalau tidak diinstall maka Riva kamu akan bootloop. caranya pilih Installkemudian pilih file noverity.zip setelah itu Swipe to confirm flash.

9.  jika sudah selesai pilih Reboot System atau lebih baik kamu lakukan backup ROM dan Modem terlebih dahulu
10.untuk membackup ROM dan Modem pastikan memiliki free storage minimal 5GB (tergantung ukuran datanya semakin banyak aplikasi dan game yang terinstall tentunya akan lebih besar lagi). Pilih Backup kemudian beri centang pada System,Data,Cust,Boot,EFS kemudian pilih Select Storage pilih penyimpanan di Sdcard1(apabila ingin menyimpan di Memory Card (rekomendasi)) kemudian Swipe To Backup
11. silahkan menunggu, sampai proses backup selesai, mungkin agak lama.K
12. kalau sudah selesai lebih baik lagi filenya di simpan di PC/Laptop. Filenya ada di Folder TWRP  BackupS
13. ekarang silahkan di Reboot
Sekarang TWRP sudah terpasang di Redmi 5A kamu dan bagi yang belum tahu cara masuk ke TWRP ini, caranya matikan hapenya kemudian tekan tombol VOLUME ATAS dan POWER kemudian tahan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.


Cara Root Redmi 5A

Sekarang lanjut dengan cara mendapatkan akses root di RIVA dengan menggunakan TWRP, dibawah ini ada 2 file root yang bisa kamu gunakan yakni SuperSU dan Magisk. Tapi saya lebih merekomendasikan gunakan Magisk karena ada fitur Hide Root, fitur ini di era sekarang sangat penting karena ada beberapa aplikasi seperti aplikasi perbankan,Gojek dll tidak bisa berjalan kalau ketahuan perangkat android kita sudah di root. Nah dengan fitur Hide Root yang ada di Magisk, kamu bisa install aplikasi-aplikasi tersebut.
  1. Untuk file root silahkan pilih salah satu mau pake Magisk Root atau SuperSU
  2. Setelah file root telah terdownload, sekarang masuk ke TWRP dengan cara matikan Redmi 5A nya kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan, tahan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI
  3. Kemudian pilih install dan pilih file Root nya setelah itu Swipe to flash

4. Kalau sudah selesai silahkan di Reboot
Untuk lebih memastikan akses root telah di dapatkan, gunakan aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.
Saya harap tutorial ini bisa mudah kalian pahami dan berhasil memasang TWRP dan Root Redmi 5A.

Segala resiko di tanggung penumpang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Root Dan Pasang TWRP Xiaomi Redmi 5A (Riva)"

Post a Comment